Saat Berpuasa Inilah Cemilan Sehat Ibu Hamil Dan Menyusui

Selama menjalani puasa Ramadan, ibu hamil dan menyusui perlu mengonsumsi camilan untuk menjaga pertumbuhan janin. Namun, jangan asal mencari camilan, sebab makanan harus tetap sehat.


"Konsumsi snack (camilan) sebelum tidur seperti jus buah, susu, kacang rebus, atau edamame bagus untuk pertumbuhan janin," kata Dokter Spesialis Gizi Klinis dari Rumah Sakit Pondok Indah Bintaro, Diana F Suganda, M.Kes. beberapa waktu lalu, ditulis Kamis (8/6/2017).

Menurut Diana, kebutuhan gizi selama hamil dan menyusui selama puasa sama seperti hari biasa lainnya sehingga tak boleh diabaikan.

Kebutuhan gizi orang normal, kata dia, 1800 kkal. Namun, pada ibu hamil trimester pertama perlu ada tambahan 180 kkal, trimester kedua 300 kkal, dan trimester tiga 300 kkal.

"Selama hamil, ibu hamil dan menyusui tetap harus memenuhi kebutuhan ini dengan tetap mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Sebab selama puasa, tubuh tidak menerima asupan makanan atau minuman selama 14 jam sehingga bisa mengganggu asupan nutrisi ke janin atau produksi ASI," katanya.

Untuk itu, ibu hamil dan menyusui disarankan untuk tetap makan tiga kali sehari (dua kali saat sahur dan berbuka). Ditambah, ekstra makanan atau camilan di antara waktu berbuka dan malam sebelum tidur.

Sumber health.liputan6.com ( Fitri Syarifah )

Komentar

Entri Populer