Ini Akibat Berat Badan Naik Saat Puasa


Umumnya orang yang berpuasa akan mengalami penurunan berat badan sebab porsi makannya berkurang. Jika biasanya 3 kali sehari, menjadi hanya 2 kali saat buka dan sahur saja. Namun ada lho yang malah mengalami kenaikan berat badan justru di bulan puasa. Bagaimana bisa hal itu terjadi?

Di saat bulan puasa terjadi perubahan gaya hidup kaum muslimin yang mencakup pola makan, aktifitas fisik, dan pola tidur. Akibatnya terjadi pula perubahan fisiologis pada tubuh.

Dilansir laman okezone, bertambahnya berat badan saat puasa umumnya terjadi akibat hal berikut ini:
  1. Kalap saat buka puasa.
    Kondisi lapar yang memuncak usai seharian berpuasa memicu orang kalap saat buka puasa. Hampir semua hidangan tinggi kalori akan disantap begitu beduk maghrib terdengar. Mulai dari hidangan manis, gurih, gorengan, dan semua yang menarik selera makan sudah disiapkan lebih dahulu. Alhasil, kalori pun menumpuk dalam satu waktu dan menjadi tambahan lemak di bawah kulit.

  2. Jumlah makanan bertambah.
    Buka puasa didahului hidangan pembuka yang manis dan berkalori tinggi. Lalu setelahnya makanan berat plus lauk pauk yang juga berkalori tinggi. Malam lagi camilan, kemudian tidur dan bangun makan sahur yang juga tidak sedikit. Ini berarti jumlah asupan makanan bertambah lebih banyak dibanding saat tidak puasa, padahal aktifitas cenderung menurun.

  3. Lebih banyak tidur.
    Aktifitas fisik biasanya lebih sedikit saat puasa, dengan alasan menghemat tenaga. Apalagi jika cuaca terik siang hari. Kebanyakan orang memilih tidur atau sekedar berbaring-baring sembari menunggu berbuka. Banyak kalori dan kurang gerak adalah kunci tubuh menggemuk.

  4. Kurang tidur.
    Perubahan pola tidur karena harus bangun sahur serta ibadah di malam hari pun menurut beberapa penelitian dapat memicu bertambahnya berat badan. Jika tidur kurang, maka hormon leptin meningkat. Ini hormon yang mengatur metabolisme tubuh serta kontrol nafsu makan, dan membuat Anda sulit merasa kenyang.
Bagaimana Gays, coba hindari 4 hal di atas ini yang akan membuat badan anda tetap bugar saat berpuasa. Dan badan anda tidak menjadi gemuk karena hal di atas. Mudah mudahan hal ini dapat membantu anda.

Sumber Sidomi.com

Komentar

Entri Populer